Banyuwangi Peroleh Piala Adipura Ketiga Kalinya Secara Berturut-turut

piala adipura
piala adipura (foto:syarif/banyuwangitimes)

Berita Banyuwangi Hari Ini - Kabupaten Banyuwangi kembali mempertahankan prestasinya di bidang kebersihan, dengan mendapatkan Piala Adipura untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Piala ini diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar kepada Penjabat Bupati Banyuwangi, Zarkasi, Senin malam (23/11/2015) di Gedung Bidakara, Jakarta.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh masyarakat Banyuwangi. Semua berperan nyata, mulai dari pesapon, tukang sampah, dan yang paling nyata adalah kerja keras semua rakyat dalam mewujudkan budaya bersih di Banyuwangi,” kata Zarkasi.

Tahun ini, Piala Adipura Tahun berdasarkan pada empat kategori wilayah penilaian, yaitu Kota Metropolitan, Kota Besar, Kota Sedang, dan Kota Kecil.  Banyuwangi sendiri menjadi penerima penghargaan kategori kota sedang.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Arief Setyawan, menambahkan, tahun ini penilaian untuk memperoleh penghargaan Adipura jauh lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Ini mengakibatkan jumlah penerima piala Adipura 2015 jauh berkurang dibandingkan tahun 2014 lalu.

“Kami bersyukur Banyuwangi bisa memperahankan Piala Adipura. Sebab di Jawa Timur saja biasanya hampir semua kabupaten/kota mendapatkan penghargaan ini namun tahun ini hanya 14 daerah saja untuk seluruh kategori,” kata Arief.

Untuk memperoleh piala Adipura 2015, kata Arief di antaranya harus memenuhi beberapa kriteria penilaian. Mulai dari partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah, tersedianya ruang terbuka hijau yang berfungsi bagi masyarakat, dan ketersediaan TPA.

Penilaian juga melihat pada kebersihan di sejumlah ruang publik, seperti pasar, jalan, perkantoran, sekolah, sungai serta ketersediaan fasilitas penunjang kebersihan yang disiapkan oleh pemerintah daerah. (*)

0 Response to "Banyuwangi Peroleh Piala Adipura Ketiga Kalinya Secara Berturut-turut"

Posting Komentar