Pastikan Pemilu berjalan Aman, Pemkab Adakan Apel Gelar Pasukan Satlinmas

pastikan pemilu berjalan aman, pemkab adakan apel gelar pasukan satlinmas
pastikan pemilu berjalan aman, pemkab adakan apel gelar pasukan satlinmas

Berita Banyuwangi - Pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah  sudah di depan mata. 9 Desember nanti, secara serentak di Indonesia akan dilaksanakan pemilihan umum (Pemilu) untuk memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah periode 2016 – 2021. Tak terkecuali di Banyuwangi.

Untuk memastikan Pemilu berjalan tertib dan aman, Kamis pagi (26/11) Pemkab Banyuwangi mengadakan apel gelar pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Apel yang digelar di Taman Blambangan tersebut diikuti oleh unsur TNI / Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan anggota Linmas se-Kabupaten Banyuwangi. Tampak di tengah undangan Forum Pimpinan Daerah, Sekretaris Kabupaten, pejabat komponen pemkab, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Banyuwangi.

Penjabat Bupati Banyuwangi, Zarkasi yang bertindak selaku inspektur upacara mengatakan, apel ini digelar dalam rangka pengamanan pilkada baik saat pemungutan suara, penghitungan suara, maupun saat pengiriman kotak suara dan kartu suara dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Kerawanan-kerawanan  mungkin muncul dan menjadi gangguan nyata. Anggota Linmas harus peka dan tanggap terhadap gejala-gejala yang muncul serta harus segera mengambil langkah yang cepat, tepat dan profesional dalam penanganannya,” kata Zarkasi.

Sungguh pun begitu, Zarkasi berharap, anggota Linmas bisa netral dalam menjalankan tugas dan fungsinya, dan tidak terlibat langsung dalam kampanye mendukung salah satu calon. “Saudara memang tetap punya hak pilih, tetapi harus mengedepankan netralitas agar tidak mempengaruhi kinerja yang bisa berimbas pada proses pemilihan nanti. Pilihan kita boleh beda, tapi ketertiban dan keamanan adalah segala-galanya ,” ujarnya.

Zarkasi juga menegaskan, apel gelar pasukan ini juga merupakan tahap penting yang harus dilaksanakan. Tujuannya  untuk memastikan TNI/Polri, seluruh instansi terkait seperti pemkab, mitra kerja kamtibmas, Satlinmas dan segenap komponen masyarakat lainnya benar-benar siap, baik dari segi kekuatan personil maupun kelengkapan sarana prasarana dalam menghadapi pilkada.

Ada 8000 personil gabungan yang akan diterjunkan untuk mengamankan pilkada di Banyuwangi. Mereka akan disiagakan untuk memastikan pemilu 2015 berjalan dengan aman dan tertib. (Humas & Protokol)
sumber:banyuwangikab.go.id

0 Response to "Pastikan Pemilu berjalan Aman, Pemkab Adakan Apel Gelar Pasukan Satlinmas"

Posting Komentar