HUT RI ke-70 Juga Digelar di Lereng Gunung Ijen

HUT Kemerdekaan RI ke-70 di kawasan Paltuding, lereng Gunung Ijen
HUT Kemerdekaan RI ke-70 di kawasan Paltuding, lereng Gunung Ijen

Berita Banyuwangi - Detik-detik upacara HUT Kemerdekaan RI ke-70 juga digelar di kawasan Paltuding, lereng Gunung Ijen, pukul 09.30 kemarin (17/8). Upacara tersebut diikuti ratusan pengunjung Ijen. Ada wisatawan Mancanegara, domestik, dan kalangan mahasiswa.

Supriyadi yang merupakan owner Pesona Tour and Travel bertindak sebagai inspektur upacara. Dialah yang menggagas Tour Nasionalis The Ijen dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Upacara tersebut tidak terlalu formal.

Bahkan, beberapa peserta upacara dan komandan upacara menggunakan celana pendek. Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan semangat wisatawan untuk tetap khidmat mengikuti upacara. “Yang penting kita bisa mengambil keteledanan para pahlawan kemerdekaan.

Keteladanan mereka ingin kami gali dan tanamkan kembali. Karena itu, kami memilih kawasan Ijen sebagai sentral peringatan Agustusan tahun ini,” ujar Supriyadi. Jawa Pos Radar Banyuwangi meliput langsung upacara di Paltuding tersebut.

Suasananya benar-benar bernuansa Agustusan. Rangkaian Tour Nasionalis The Ijen ini cukup meriah. Minggu (16/8) pukul 19.00 rombongan berdoa di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma RagaSatria Banyuwangi. Pukul 01.00 rombongan sampai di Paltuding.

Kemudian, digelar malam keakraban, api unggun, dan game-game menarik. Usai api unggun, rombongan mendaki puncak Ijen. Sampai di puncak, rombongan mengibarkan bendera merah-putih. ”Ada sekitar 300 wisatawan yang ikut pengibaran sang merah-putih di puncak Ijen,” kata Supriyadi.

Usai pengibaran bendera, rombongan turun. Sampai di Paltding pukul 09.00 dan langsung digelar upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan. ”Kami puas. Acara ini sukses. Peserta juga dapat konsumsi yang disediakan Hotel Santika,” imbuhnya.

Pantauan JP-RaBa, berbekal bendera dan lampu senter yang dimiliki, ratusan orang tampak menyemut menuju kawah Ijen. Meski menempuh perjalanan yang dibungkus dinginnya udara malam, debu tanah, dan yang cukup pekat, tapi hal itu tidak menyurutkan niat mereka mencapai puncak Ijen.

Selama perjalanan menuju puncak Ijen, deretan lampu senter peserta tampak memanjang. Setelah lebih-kurang 1,5 jam perjalanan akhirnya gunung yang memiliki ketinggian 2443 meter di atas permukaan laut tersebut bisa ditaklukkan. “Medannya menantang.

Mendakinya bener-bener gila,” ujar Ayu, peserta yang baru kali pertama naik Ijen. Sesampai puncak Kawah Ijen, suasana Agustusan sangat ketara. Ijen seperti lautan manusia. Suasananya pun tidak ubahnya pasar malam. Tujuan mereka nyaris sama, yakni melongok blue fire, sunrise, dan berfoto dengan bendera merah-putih. (radar)

0 Response to "HUT RI ke-70 Juga Digelar di Lereng Gunung Ijen"

Posting Komentar